Pentingnya SECURITY QUESTION di Facebook

Beberapa bulan kemaren saya dimintain tolong oleh seorang teman untuk mendapatkan kembali akun FB-nya yang sedang diserang.

Akun Facebook ternyata otomatis terkunci sendiri ketika ada serangan pembobolan password, cara membukanya ada 2 :

1. Menjawab Security Question

2. Mengenali 5 teman di FB

singkat cerita, saya berhasil mengembalikan akun tersebut (melalui cara no. 2).

namun, 1 minggu kemarin..seseorang berhasil mengambil alih akun teman sy tersebut, menulis status yg memalukan & comment-comment kasar…….

Hacker sudah berhasil menguasai Security Question…..namun saya masih dapat menguasai e-mail teman sy ……karena sy menguasai e-mail saya selalu bisa mereset  password….namun sang hacker bisa masuk juga melalui security question…..

disinilah saya baru benar-benar menyadari arti penting dari Security Question di Facebook…& security question hanya bisa di SET 1 x….tidak bisa diedit lagi.!!!!!!!!!!!!

akhirnya saya memutuskan untuk menonaktifkan akun FB teman saya tersebut, karena saya tidak bisa menjaga akun tersebut 24 jam sedangkan sang hacker bisa masuk sesuka dia & menulis kata-kata semaunya.

lalu saya membuatkan akun baru ……..2 hal pertama yg saya lakukan terhadap akun baru teman saya tersebut adalah :

1. Segera men-Set Sequrity Question

2. meng-hide e-mail adress dari publik

hal lain yg saya lakukan :

– membuat password yg rumit

– membedakan password FB & e-mail

– add friend 1 akun yg lain (punya saya juga, namun bukan  primary) yang akan saya jadikan semacam ‘guardian angel’ untuk menjaga akun FB teman saya tersebut……(saya sedang mencoba mengaktifkan fitur trusted friend di FB….dimana ketika suatu ketika akun tersebut berhasil dibobol…saya bisa mengandalkan sang guardian angel, selain security question)….

 

——————

setelah membaca tulisan diatas……………Sudahkah pengunjung di Blog ini men-set SECURITY QUESTION-nya???

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*