Tipe-tipe Resign PNS ?

  • Cara standar…mengajukan permohonan pengunduran diri secara resmi, nunggu di tanda-tangan pak menteri / sekjen (berbulan-bulan)…kalau TMT berhentinya ternyata bulan kemaren-nya…terus kita sudah terlanjur menerima gaji bulan ini…harus balikin pake SSPB (Surat Setoran Pengembalian Belanja)…
  • Pergi begitu saja dari Kantor & membiarkan rekening gaji tetap aktif…dengan demikian setidaknya selama 6 bulanย beberapa bulan akan ada transfer gaji PNS yg masuk (Ada infoย dari komentar tgl 02-03-2016 dibawah ย bahwa sekarang bukan 6 bulan, tapi sekitar 2 bulan gaji sudah di stop)
  • Sebelum berhenti…ngambil Cuti diluar Tanggungan Negara dulu 3 tahun….
  • Jadi Bajingan…kerjanya cuma Absen tapi gak mau kerja…(klo yg seperti ini sepertinya rekan-rekan kerjanyalah yg menginginkan dia Resign…hehe)
  • Akhir Bulan menutup Rekening Bank (yg menerima transferan gaji PNS) supaya bulan depan tidak ada Uang Negara yg masuk, pergi ke subbagian umum menyerahkan Surat Pengunduran Diri & kelengkapannya…lalu di bulan berikutnya mulai tidak masuk kantor ๐Ÿ™‚ … terserah mau di ttd pak menteri atau tidak…emangnya dia bisa apa klo ย gue dah gak mau kerja lagi (lagian Rekening gue dah gue tutup koq)…pkoknya ย Loe…Gue…ENDย  ๐Ÿ˜€ ย haha

  • Update 10 Maret 2016…berhubung ternyata Gaji PNS itu diajukan bulan sebelumnya (Contoh : Gaji Bulan Februari ternyata sudah diajukan oleh Bagian Keuangan Kantor pada tgl 15 Januari-an) ….jadi klo kita nutup rekening di akhir bulan Januari nantinya akan menyebabkan Retur…..& yg namanya Retur itu ternyata urusannya merepotkan Orang lain….KPPN Repot dan Bagian Keuangan Kantor juga Repot…JADI …lebih baik dibicarakan dulu ke Bagian Keuangan Kantor bahwa kita mau menutup rekening…klo perlu buat keterangan/pernyataan tertulis bahwa kita akan menutup rekening ….jadi Bagian Keuangan Kantor bisa menghapus nama kita dari Database Gaji dan tidak memasukkan nama kita pada pengajuan Gaji bulan berikutnya.

64 Replies to “Tipe-tipe Resign PNS ?”

  1. hahahhahaha….. kebangetan…!!!! bikin gua bisa ketawa setelah stress berhari-hari … thanks gan..

  2. Maunya sih yang ketiga biar ga terlalu drastis tapi poin terakhir kayaknya yg jadi pilihan. Makasih bro!

  3. Ah pengen resign juga ni. uda muak jd pns. Kelengkapannya apa aja si?

    Poin 5 kayanya oke

  4. bisa minta contoh suratnya bro? kelamaan di PNS udah males mikir enakan yg simple2 aja ahahahaha, ga ada yg dukung lg jd PNS mo resign ah….

    • Kalau menurut Teman Saya yg sudah Resign , tidak ada format standard dalam Surat Permohonan Resign, bikin surat biasa aja dngn menyebutkan alasan resign + sejak kapan mulai tidak aktifnya…

  5. kalo saya pinginnya ambil Cuti diluar tanggungan negara dulu sekitar 1 tahun, mencoba wirausaha, kalo perkembangannya bagus, resign.
    soalnya dari keluarga tidak setuju kalo langsung resign, jadinya waktu 1 tahun adalah ajang pembuktian kepada keluarga

    • Kalau di tempat saya sekarang Cuti diluar tanggungan negara sulit, denger-denger yang disetujui hanya yang alasannya ikut suami/ istri yang dapat Tugas Belajar.

  6. PNS… mau keluar aja susah apalagi mau masuk. itu yang terkesan sama saya ketika saya mengajukan resign. okt 2013 saya ajukan surat resign. setelah itu saya tidak pernah lagi k kantor. walaupun atasan saya masi menahan surat tsb utk ditindaklanjuti. tapi sampai saat ini surat tsb msi dalam proses. malah saya diperbolehkan lagi untuk msk kerja. tapi keputusan saya sudah bulat. percaya allah akan sll bersama kt untuk bisa menjadi lebih baik dan mendapatkan rezeki yg lebih barokah. slamat berjuang dan pantang mundur bagi yang berniat untuk resign PNS. PNS tdk lbh baik dari wiraswasta.

  7. saya sudah 3 tahun menjadi pns, pada awal masuk sih seneng sekaligus bangga bisa menjadi pns di usia muda 23 tahun, Saya dulu daftar pns cuma ngikut saran ibu aja buat coba daftar walaupun saya sendiri nggak niat daftar, beruntung sekali ternyata bisa masuk tanpa uang sogokan.

    kebetulan, di tahun pertama saya masuk saya menemukan pekerjaan bebas tanpa ikatan waktu dan tempat yang saya anggap saya banget, bisa dapet penghasilan lumayan pula, potensinya bisa berkali-kali lipat dari gaji pns. nah dari situlah mulai berniat teguh untuk mengejar pekerjaan tersebut.

    insya allah target saya 3 tahun ke depan sudah bisa mendapatkannya dan mengundurkan diri dari pns. Saya ingin membuktikan kepada semua orang di sekitar saya bahwa kerja itu bukan harus pns melulu. optimis pasti bisa! ๐Ÿ˜€

  8. Pengen banget resign juga, kembali ke fitrah sebagai wanita muslimah….tapi terbentur masa ikatan dinas, yiahhh….ga kuat kalo harus nanggung ganti ruginya 3x biaya kuliah (dari eselon I), ada yg tau gimana kalo Sekjen (Kemenkeu) yang ngitung ganti ruginya dan mekanisme bayarnya??

    • Saya kurang tau klo masalah ganti rugi terkait ikatan dinas…tapi smoga urusannya dilancarkan..

    • Mba Umi sudah resignkah saat ini? Saya juga ingin menjadi full time mom tapi terlanjur mendapat tugas belajar. Bagaimana prosedurnya ya?

  9. Wahahaha.. Opsi terakhir oke banget dah, wkwkwk..
    Kebetulan akhir tahun ini mau ngajuin resign, rencana awalnya akhir tahun kemaren tp karena bbrp hal dipending dulu jadinya mundur setahun ๐Ÿ™‚

    • Setau saya harus bayar denda Mas, coba hubungi bagian kepegawaian Kantornya aja Mas…

      btw, klo boleh tau kenapa udah mo resign? penempatannya jauh?

  10. Terpikir juga untuk resign dari Kemenkeu, karena nomaden…kasihan keluarga…tapi masih cari penggati penghasilannya dulu nih… mohon doanya Saudara2…

  11. Wow…ternyata banyak juga ya yg pngen berhenti jd PNS. Saya skrg ini juga kepikiran untuk resign. Tapi masalahnya, saya ini fungsional-pernah diklat sertifikasi- juga saya ‘sekolahin’ SK saya d bank masa pelunasanya masih +- 5 taun lagi. Kira2 itu gimana ya, mas2 dan mba2? Bisa ga saya lgsg resign begitu aja. Atau sy musti ganti Dana sertifikasi fungsional sy yg wktu saya ikut itu biayanya hampir 12jt per orang? Tentu utang d bank perlu dilunasin dlu ya?
    sy tggu responnya ya…butuh bgt…
    Makasih ๐Ÿ™‚

  12. Aku jg pengen resign udh pernah ngajuin.ditolak mentah2 oleh instansi..tp kerjanya jauh gaji abis buat transport doang..cara instannya gimana ya biar bisa cepet resign

    • Ini maksudnya resign baik-baik ya?

      Mungkin coba cari tau aja… dulu siapa yg nolak permohonan resign-nya, klo yg dulu nolak udah mutasi / pensiun coba ajuin lagi aja ๐Ÿ™‚

      Klo cara instan resign baik-baik saya kurang tau….

  13. Sy jd PNS sejak 1998 (woww…lama banget ya sdh 17 th)..dan br terasa muak di th ke 17 ini..knapa ? Krn sktar 2 th terakhir sy ada di posisi manajemen..kemaren2nya hanya fungsional yg tdk peduli dng manajemen (sdh jenuh di fungsional
    ..stagnan dan standart) Selama 2 th terakhir sy merasa PNS memenjarakan semua kreatifitas sy.. hidup jd terpenjara..datang hrs tepat waktu..pulang duluan kena semprit..tp pulang molor 2 jam tdk ada yg peduli… nyinyir di sana sini..pulang msh bawa kerjaan setumpuk…bos maunya beres tp tdk bs ngasi solusi .. Tp bagaimanapun jg..PNS telah “mematangkan” sy.. Inshaa allah dlm waktu dekat sy mau resign dan memulai di tempat baru yg lebih jelas apa yg akan diperjuangkan… semoga barokah..aamiin

  14. Suami saya wna dan sebagai istri saya harus ikut suami dong ya..tapi status saya sekarang masih cpns (guru). Mau resign tapi kepsek sbgai atasan langsung saya sepertinya ga mendukung. Apa sebaiknya langsung ke BKD ya mas? Bingung

  15. Assalam. Mas suami saya resign dri pajak tgl 2 desember. Bulan januari- februari ada gaji pokok yg masuk ke rek. Tpi seperti nya bulan ke 3 ( maret) gak ada gaji yg masuk seperti poin ke 2.

  16. Saya juga mau mengundurkan diri. Btw kalo saya pns daerah kabupaten, bukan pns kementrian atau pns pusat. Mohon penceragan prosesnya sama bikin surat ke kementrian atau berbeda? Thanks.

  17. Dapet motivasi berlipat2 baca blognya mas. Ternyata banyak juga ya yang kepikiran resign, saya kira masih banyak orang yg berpikiran bahwa PNS resign itu seperti menyia2kan anugerah. Iya sih.. nyaman dengan gaji dan pola kerja, yang ternyata ga cocok dengan cara kerja saya. Ingin ikut suami yg PNS pindah2 kota, ketika tanya apakah bs mutasi antar lembaga ikut instansi dia, ternyata harus nunggu 6 tahun dulu anaknya keburu gede. Akhirnya bertekad mau resign segera setelah melahirkan. Semoga prosesnya ga perlu terlalu lama sampai 6 bulan… mohon doanya ya..

    Mas sendiri akhirnya sudah jadi resign?

  18. Akhir 2015 saya resign pns, saya ambil langkah poin nomor dua, sebelum resign saya juga sempat masuk ke artikel ini, langkah resign nomor dua diatas yang saya tempuh, idenya dari artikel ini, mantap deh. Hehe. Mengenai tantangan resign memang besar, memang itu resiko yang harus dihadapi, dampaknya juga masih terasa sampai sekarang, dan saya anggap itu adalah nikmat tersendiri, hehe.

    Sekarang sudah hampir setahun saya resign, buka usaha kecil2an, Alhamdulillah, Mahabenar Allah yang Mahapemberi rezki atau menahan rezki. Jadi rezki memang benar2 kekuasaan Allah dan datangnya dari Allah, rezki bukan dari pns, hehe…

    Alasan pribadi saya resign karena mengutamakan akhirat, mudah2an mendapat kebaikan di dunia wal akhirat amiin… Alhamdulillah, sekarang sudah terbebas dari utang riba dan macam2 nya, merupakan nikmat yang besar yang saya rasakan, juga bisa tambah fokus belajar agama, Mahabenar Allah, nikmat yang mana lagi yang saya dustakan…

    Maaf nih, kayaknya curhat… Hehehe…

  19. Saya ibu rumah tangga, saya pinginnya fokus dirumah, akhir akhir ini pusing dengan pekerjaan PNS, aturannya berbelit Belit, sering uring-uringan dengan anak, mau tidur kepikiran kerjaan, bangun tidur kepikiran kerjaan. Saya rencananya juga mau resign, tapi belum dapet ganti pekerjaan, belum dapat restu orang tua dan suami. Aduh…. lagi bingung nih….. bagaimana caranya mempersiapkannya?

    • Mungkin pertanyaan ini lebih cocok dijawab oleh PNS yg sudah resign.

      Tapi yg saya lakukan adalah terus menerus mencari penghasilan tambahan lain yg halal … Pusing di kantor itu dilain pihak membuat keinginan Resign tetap ada dalam diri saya…

      Semoga mba Watik bisa segera menemukan jalan keluarnya…Aamiin

  20. Saya juga pengen resign dr KKP TMT saya sudah 5 tahun, alasannya jauh dari keluarga, semenjak melahirkan anak saya tinggalkan untuk orang tua urus ortu berdomisili dibogor..saya penempatan di kepulauan Banda pulau kecil di Prov. Maluku, sedangkan suami dipalembang.. pernah mengajukan pindah ditolak mentah2. Saya berusaha untuk mencari jalan keluar tapi selalu menemui jalan buntu. Akhirnya selama beberapa bulan saya menyiapkan diri untuk resign. Saya mohon sharingnya apakah setelah resign kita bisa ambil Taspen yg sudah dipotong dr gaji kita selama 5 tahun bekerja. Prosesnya seperti apa yah

    • mengenai Taspen saya kurang tau,

      mungkin bisa coba ditanyakan ke Taspen langsung, di website Taspen (www.taspen.co.id) ada nomer Call Centernya : 1500919

  21. Thx bgt infonya
    Sy lg bingung antara resign atau lanjut
    Krja jd d kemenkeu ga seenak org blg, trutama yg masuk lewat jalur penerimaan umum

    Jujur, pungli dan korupsi d kemenkeu bea cukai dan pajak mayoritas oleh pegawai lulusan STAN di kantor pelayanan
    Kami yg dr umum akan dijauhi bila tidak ikut
    Bahkan dibilang munafik

    Inget gayus org pajak?
    Lulusan STAN
    berita2 pungli kemenkeu skrg pun org STAN
    Postingan anda ttg resign cukup mmbantu
    Thx y

    • Btw…saya juga Lulusan STAN… ๐Ÿ™‚

      Saya kurang tau bagaimana Mas Toni bisa menyimpulkan mayoritas lulusan STAN di 2 direktorat yg berbeda (Bea Cukai & Pajak) itu koruptor…saya sendiri yg sudah 10 tahun lebih bekerja, sudah pindah Kantor 4x (Mutasi)…tidak bisa menyimpulkan seperti itu…saya tidak tau Apakah Lulusan STAN atau Penerimaan Umum atau Pengangkatan dari Honorer setelah ditempatkan di Kantor Pelayanan akan jadi koruptor, akan jadi Pegawai Biasa…atau akan jadi pembawa perubahan…karena saya baru melihat 4 kantor…sedangkan di DJP saja ada ratusan kantor….belum lagi kantor Bea Cukai yg rasanya saya tidak mungkin ditempatkan di Kantor Bea Cukai karena saya belum pernah dengar ada Mutasi antar Direktorat.

      Kalau dilihat dari sudut Pandang Media sih mungkin saja … Ketika ada Kasus Gayus saya juga merasakan efeknya di lingkungan rumah & bahkan temen-temen SMP saya memanggil saya dengan sebutan “Bos Gayus” hanya karena saya pernah kuliah di STAN & kerja di Kantor Pelayanan Pajak.

  22. Saya mau resign dari PNS, tapi masih ragu karena ini bakal tidak mudah, disamping penolakan dari rekan2, orang tua, juga masih bimbang mau kemana setelah ini. Ada yang mau kasih saran??

  23. Saya pns di kementerian kesehatan. Sudah mengajukan resign dari akhir bulan Juli. Dari atasan langsung diminta untuk mencari pengganti. Saat sudah ada pengganti, permohonan saya tidak kunjung diproses
    Sepertinya saya akan menempuh cara yang ke 5. Langsung kabur aja . Ribet bgt
    Mohon doanya ya rekan rekan seperjuangan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*