funeral

Salah satu rencana keluarga waktu Lebaran kemarin adalah menjenguk saudara dirumah sakit (Ibu suaminya bibi), ketika saya sampai di Rumah sakit ternyata kondisinya sudah sangat kritis……saya sempat diminta siap-siap mendonorkan darah jika stok di Bank Darah tidak ada karena Golongan Darah saya A, sama dengan Gol. Darah Ibu yg sakit tersebut.

Sekitar pukul 11:00 WIB ibu tersebut  meninggal dunia…………….

Terdengar tangis histeris….

putera ibu tersebut yg paling tua (suaminya bibi) tampak menelpon beberapa orang untuk mempersiapkan pemakaman.

Jenazah dibawa oleh mobil Ambulan, (Jarak Rumah & Rumah Sakit sekitar 55KM)…jadi ketika sampai di Rumah Keluarga ibu tersebut sudah ada persiapan tenda & sudah banyak warga sekitar yg berkumpul.

Jenazah dimandikan, putera yang paling tua mengumumkan beberapa hal kepada warga sekitar melalui speaker portable.

Lalu saya ikut ke mesjid terdekat untuk sholat jenazah …& setelah ashar saya ikut juga ke tempat pemakaman serta  melihat proses pemakaman ……kembali …berkumpul di rumah saudara yg lain………& akhirnya kembali ke rumah sekitar pukul 17:30.

ini adalah Funeral/Pemakaman pertama yang saya lihat prosesnya dengan mata-kepala saya sendiri ….dari awal sampai selesai. Selama ini saya hanya melihat upacara pemakaman dari televisi.

karena lumayan capek seharian, saya tertidur sekitar pukul 19:30 dan terbangun sekitar jam 24:00,-  disanalah saya mulai merasakan ketakutan (efek film-film horor indonesia)..jadi merasa agak takut ke toilet karena suasana rumah dah mulai sepi dsb.

Sepertinya film-film horor itu (pocong, mahkluk halus yg berkeliaran di kuburan[genderuwo,kuntilanak dkk]) benar-benar tidak menghormati orang-orang yg sudah meninggal.

Dulu saya sempat menegur member forum adsense-id yg memakai Avatar Pocong, ketika kami berkomunikasi melalui private-message alasannya adalah untuk mengingatkan orang-orang akan kematian, lalu saya bales..klo mengingatkannya dengan sosok pocong yang sedang berdiri dengan muka hitam….itu sepertinya malah negatif.

Mati itu tanpa ada gambaran bohong yg berlebihan dari para pembuat film…sepertinya sudah sangat menakutkan……ditambah gambaran bohong dari para pembuat film membuat beban pikiran untuk memikirkan kematian menjadi tambah berat. & ketika beban pikiran sudah sangat berat biasanya kita tidak berbuat apa-apa (FLIGHT)

tandanya adalah pikiran kita akan menekan ingatan tersebut & setiap kali kita bangun pagi…ingatan tersebut adalah hal pertama yang kita lupakan.

saya mengambil kesimpulan tersebut karena saya pernah membaca suatu buku tentang ingatan….penulisnya klo gak salah namanya Mahesh Kapadia.

Secara Pribadi saya menamakan “AMNESIA-PAGI” saya mulai menyadarinya ketika kuliah di STAN, ketika saya mencari apanya yang salah…saya merasa masalahnya ada di setiap kali saya bangun….saya selalu melupakan tekad-tekad yang saya buat dihari kemarin…dipagi hari saya kembali blank..memulai suatu hal selalu dari NOL lagi.

Apakah sekarang saya sudah berhasil mengatasi “AMNESIA-PAGI” tersebut?

Jawab : belum!!! namun saya terus mencoba…….kadang sebelum tidur saya menulis dulu di suatu kertas untuk mengingat point-point penting dalam hidup..lalu ketika saya bangun yg pertama kali saya lihat adalah kertas tersebut.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*