Ahli dalam Hidup

sudah 26 tahun saya hidup, & saya koq sepertinya tidak mengalami kemajuan yang berarti dalam hal : cara saya menghadapi hidup.

Saat ini saya bukanlah ahli dalam menjalani hidup ini.

padahal sudah 26 tahun saya hidup, sudah ribuan hari yang saya alami.

ahli dalam hidup itu, mungkin klo diibaratkan…ahli dalam mengendarai sepeda motor.

  • sebagian orang tidak bisa naik motor
  • sebagian orang bisa naik motor bebek namun tidak bisa motor kopling
  • sebagian orang bisa motor bebek & kopling
  • bahkan sebagian orang bisa mengendarai motor dengan kecepatan sangat tinggi seperti Valentino Rossi

klo dibandingkan dengan hidup…mungkin saya masih ada di bagian orang yang tidak bisa naik motor / orang yang tidak bisa menghadapi hidup.

barusan terlintas untuk mengganti kata tidak dengan belum, saya adalah orang yang belum bisa menghadapi hidup.

bagaimana caranya agar saya bisa menghadapi hidup?

bagaimana contoh saya yang tidak ahli?

  1. ketika saya kehilangan salah satu gigi saya (pencabutan gigi pertama oleh dokter gigi th 2005-an) saya bertekad untuk menjaga kesehatan gigi setiap hari …namun th 2011 ini…saya bahkan harus melakukan operasi kecil dengan dokter gigi untuk gigi saya yg paling belakang.
  2. rumah saya pernah banjir, barang-barang pada basah semua…waktu itu saya bertekad untuk menyeting rumah saya agar barang2 ditaruh diatas…namun sudah 2x lebih hal itu terulang lagi
  3. ketika saya menjadi bendahara, pernah saya nombokin beberapa juta karena percaya begitu saja pada keterangan yang disampaikan orang lain (& memang petugas yg menyampaikan adalah PNS resmi yg ditugaskan untuk itu), waktu itu saya bertekad untuk lebih percaya pada dasar hukum (UUD, Peraturan Pemerintah, Surat Edaran dsb)…namun pada masa akhir jabatan bendahara saya yg sudah sekitar 3 tahun, saya mengalami kekonyolan yang sama…mempercayai omongan orang begitu saja, tanpa melihat dasar hukumnya.
  4. sudah sekitar 3x saya berhadapan langsung dengan “PREMAN”…setiap kali bertemu saya selalu diperingatkan bahwa ada orang yang sedang jahat didalam hidup ini…saya harus siap untuk menghadapainya. belajarlah ilmu beladiri!!!!!…lagipula tubuh saya memang perlu olah raga…namun sekarang…kejadian saya bertemu dengan “Preman-preman” tersebutpun sudah saya lupakan begitu saja…

apakah salah satu cara untuk ahli dalam hidup adalah belajar dari Pengalaman kita?

kalau dilihat dari contoh diatas…saya adalah orang yang tidak belajar dari pengalaman…mengulangi kesalahan yang sama berkali-kali…

dan apakah mungkin, “VALENTINO-ROSSI” dalam hidup itu adalah orang-orang yang selain belajar dari pengalamannya sendiri…..juga belajar dari pengalaman orang lain?

2 Replies to “Ahli dalam Hidup”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*