MELEPAS STATUS PNS?

Apa yang membuat saya BERAT melepas status PNS ini?

  • image PNS memang jelek, apalagi PNS Dirjen Pajak setelah adanya kasus Gayus;
  • di PNS yang rajin malah yang terus dikasih kerjaan, Pintar atau gob**k penghasilan tetap sama;
  • memang ada kejenuhan bekerja setiap hari kerja;
  • Penghasilannya pun pas-pas an, penghasilan PNS tidak bisa dipakai untuk berfoya-foya seperti orang-orang kaya itu…..

Namun :

  • Sifat Gajinya yang tetap;
  • disukai oleh Bank-Bank pemberi pinjaman….;
  • disukai calon mertua;
  • status dimasyarakat….;
  • penegakkan disiplin yang tidak terlalu ketat, bisa bekerja dengan agak santai (terutama untuk senior yang bisa mengandalkan junior);
  • ditengah sedikitnya lapangan pekerjaan saat ini …pekerjaan PNS juga merupakan suatu lapangan pekerjaan.
  • ada Asuransi Kesehatan (ASKES)
  • ada gaji ke-13, cuti bersama

setelah saya berhenti jadi PNS….lalu saya jadi apa? (lapangan pekerjaan lain pun sulit!!!!)

  • bagaimana saya makan?
  • bagaimana saya membayar listrik?
  • bagaimana saya jika saya jatuh sakit?

apakah semua ini tentang uang? (gaji PNS yang sifatnya tetap)….SK PNS merupakan jaminan kita bisa makan selama puluhan tahun, sampai kita pensiun.

bisakah saya membayangkan saya yang kelaparan jika saya berhenti jadi PNS?,

bolehlah kita menghiraukan status PNS yang agak disegani masyarakat kebanyakan…namun ketika kita membayangkan kita kelaparan??? itu adalah suatu hal yang sangat menakutkan…..

kalaupun saya mendapatkan pekerjaan baru di swasta, yang saya takutkan adalah di swasta saya dituntut untuk bekerja lebih keras…namun saya diberikan gaji yang lebih sedikit.

pada dasarnya …saya bisa mengundurkan diri dari PNS kapan saja!!!

lalu setelah itu…???? bagaimana saya bisa makan?… bagaimana kalau saya sakit???? bagaimana saya bisa melunasi hutang saya di Bank Mandiri?

…………….

………….

pertarungan…antara diri yang ingin “terbang bebas” ……dengan diri yang berada dalam “zona-nyaman” gaji PNS.

* sekarang sudah agak sering terlintas pikiran untuk nekad mengundurkan diri, masalah hutang saya ke bank mandiri?…saya berniat untuk menjual rumah yang saya beli dari hasil meminjam ke Bank Mandiri…..semoga harga jual rumah saya bisa melunasi hutang saya.

41 Replies to “MELEPAS STATUS PNS?”

  1. Saya senang dengan tulisan Mas Riva, apalagi kalo ngebahas soal keinginan resign dari PNS. Saya masih CPNS di Kementerian yang lambangnya “Cap Kaki Tiga” sejak Desember 2010, dan sering banget terlintas keinginan resign. Kalo ga ngingat jurusan saya itu lowongan kerjanya dikit, saya udah kabur deh beberapa bulan yang lalu. Tetap ngeBLOG ya Mas, dengan tulisan-tulisan Mas ini, semakin membukakan pikiran saya.

    Regards,

    Totona Berkat Marundruri

    • Saat ini belum berhenti…tapi keinginan berhenti itu masih ada …

      Terimakasih sudah mengingatkan πŸ™‚

  2. selamat siang , mas saya senang membaca tulisan mas, saya CPNS baru saja masuk d lembaga pemerintahan.. keinginan saya untuk keluar kuat sekali, kondisi birokrasi disini memang tidak sesaui dengan hati saya.., belum lagi tenaga honorer yang mendominasi, sehingga pns dan cpns hanya menjadi minoritas.. cuma petimbangan orang tua terkadang memberatkan niat saya…

  3. Wah, problem saya persis sama dengan penulis. sya juga pengen banget resign dari PNS. Cuma masih ada hutang di BANK. Bingung deh gimana cara bayarnya. Alasan saya pengen resign, karena ada banyak realita dalam dunia PNS yang gak ideal bagi saya. idealisme sulit ditegakkan. banyak godaannya. Saya gelisah ..kasih saran ya..

    • Dilain pihak kondisi gelisah di tempat kerjalah yg membuat keinginan Resign tetap ada… πŸ™‚

      Semoga kegelisahan tersebut kita bisa di ubah jadi motivasi untuk terus bergerak menekuni usaha lain (meski kita sudah capek seharian di tempat kerja)

  4. sama juga kondisinya dengan saya, saya ingin resign dari PNS, karena situasi dan kondisi banyak tidak mengenakkan… pucuk pimpinan yang tidak tegas dengan pejabat dibawahnya (seperti membela atau menutupi kesalahan2 yg diperbuatnya)… membuat saya jenuh jadi PNS, saya sudah 10 tahun mengabdi…. saya coba tuk pindah unit eselon I, namun seperti “diperbolehkan lari namun kaki dipegangi,…” maaf ya Mas… sedikit curcol…. hehehehe

  5. Biroikrasi bobrokasi, like And dislike, asal bos Seneng, gila dihormati, pembunuhan karakter, penjilat bertebaran, kemunafikan, tebar pesona, saling fitnah, cuci tangan,cari muka, benaran jadi salah, salah jadi benaran, pinter jujur ajur, bodoh rajin setor mulya, promosi jabatan terbatas untuk kepentingan siipenguasa

    • Semoga cepat menemukan Jalan Keluar…

      Kalaupun masih mau mengadakan perubahan sepertinya memang harus mengambil jalan lain….karena untuk menjadi pembuat kebijakan didalam… biasanya prosesnya lama & belum tentu bisa berhasil menduduki suatu posisi yg berperan untuk memperbaiki sistem dari dalam.

      Jalan lain yg saya maksud contohnya jadi pengusaha sukses… lalu mendukung politisi-politisi jujur…supaya setelah politisi jujur tersebut mendapatkan jabatan…dia bisa membuat aturan-aturan yg mendukung perbaikan birokrasi.

      Setelah aturan-aturan yg mendukung dibuat…juga harus di awasi pelaksanaaannya…karena sebaik apapun peraturan kalau tidak ada punishment yg tegas bagi yg melanggar juga percuma saja.

    • Diberhentikan karena Dipecat??

      Saya kurang tau apakah Pihak Bank dapet semacam penggantian Asuransi atau tidak jika ada PNS yg dipecat

      Tapi pengalaman saya sih, kantor saya jadi kurang dipercaya sama Pihak Bank setelah ada salah seorang PNS dikantor saya dipecat karena gak masuk-masuk kerja.

      – Gak Masuk Kerja = Gak dapet Tukin
      – Gak dapet Tukin = Angsuran bulanan jadi gak cukup
      – Beberapa bulan gak masuk kerja otomatis diusulkan dipecat
      – Beberapa bulan Angsuran gak cukup kyaknya udah terdaftar sebagai Kredit Macet di BI Checking
      – nah…setelah SK Pemberhentian PNS terbit saya kurang tau proses yg terjadi di Bank seperti apa.
      – yg jelas sih Pihak Bank jadi kurang percaya sama kantor (Plafon Pinjaman pegawai yg lain jadi dikurangi)

  6. ikut nimbrung yah hehe,,,Bismillah tgl 12 oktober 2016 sy sdh mengajukan pengunduran diri dri PNS,,, skrng sdng menunggu BAP,,, keputusan yg sulit mpe 3 thn galau nya hehe,,, bkn apa2 galaunya krn memikirkan perasaan orang lain,,, tp alhamdulillah thn k 3 inshaallah mantap resign,,, yakin n percaya Allah sdh mengatur segalanya termsk urusan rezeki kt,,, dan yg penting dlm bekerja adalah kenyamanan hati,,,

    • bloking mas anggi proses mengundurkan diri dari pns…sy punya niat untuk mengundurkan diri dari pns tapi takut di tolak dan diceramahi pimpinan…trims

  7. sama bos,,,, saya juga sudah tak tahan dan ingin keluar dr pns. persoalan juga sama, masih ada pinjaman di bank.

    dalam aturan bank tertulis tidak boleh mengundurkan diri sebelum pinjaman lunas. sedangkan mau lunasi belum ada duit. apa nunggu dipecat aja ya. dengan cara bolos kerja. Ts sudah jadi resign. atau masih sama sama galau sekarang hehehe

  8. mas Riva, temen sekantor yg dipecat itu sekarang kabarnya gimana & tanggungan di bank bagaimana ?

    • Saya kurang tau apakah pihak bank dapet semacam penggantian asuransi atau tidak…belum nanya…

      Untuk Kabar secara pribadi…apakah setelah resign sukses membangun usaha diluar dsb saya juga kurang tau πŸ™‚ FB nya udah gak aktif jadi sulit dipantau kabarnya πŸ™‚

  9. Assalamu’alaikum, Numpang Nimbrung ni Mas…

    Suara hati selalu diilhami 2 bisikan, Bisikan Syaiton dan Bisikan kebenaran dari Alloh. Agar tidak menyesal dan semakin galaow bagi yang beragama Islam dianjurkan untuk sholat Istikharoh agar Alloh benar-benar menunjukan kebenaran dalam suara hati Kita sehingga kita mantap dalam mengambil keputusan dan Tidak menyesal

  10. Alhamdulillah . . .
    saya kira, saya sendirian yg Pengen resign dr ASN

    salam kenal (y)

    • Saya kurang paham maksud pertanyaannya bagaimana

      Posisi saya dalam utang piutang dengan Bank adalah sebagai Nasabah πŸ˜€ , untuk urusan detail Asuransi Pinjaman saya kurang tau gimana prosesnya.

  11. Mas ikut nimbrung saya pns sudah 8 hari tidak masuk karna masalah hutang . Gimana mas kalau saya dipecat hutang bank saya lunas apa suruh melunasi.karna saya pinjam pakai sk pns

  12. Sy jg pengen bgt resign krna takut dosa,, tpi msh pnya pinjaman bank.. Bner2 tdk nyaman… Ingin bekerja sesuai keinginan dan pling pnting penghasilanx halal buat keluarga

  13. Ternyata hampir semua kendalanya sama, pgn resign tp msh punya pinjaman bank… saat ini sy jd sering bolos, sdh sangat2 tdk betah dgn suasana kantor sy….

  14. Sy ingin resign jd PNS krn sy ga d ACC mutasi alasan ikut suami. Daripada sy dosa harus pisah sama suami, ga ngurusin suami krn LDR,, lbh baik sy resign..

  15. Bahkan sejak belum jadi PNS, saya maunya tidak jadi PNS. namun karena suatu proses maka jadilah saya PNS. sampai sekarang masih c muncul benak pengen resign. Cuman kembali mengingat masalah orang lain juga seperti yg lainnya. Kalau hutang alhamdulillah saya gak punya hutang ke Bank.

    Motivasinya pengen lebih bebas mengexplore kemampuan diri aja. sebagai PNS cakupan explorasinya terbatas bahkan jenuh dengan cakupan yang itu-itu saja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*