[Catatan] Kursus setir mobil jam ke-6/8

tadi pas mo berangkat ke tempat kursus, ternyata ban motor belakang saya kempes…haduhhhh (jam 10:30-an)
terpaksa nyari tambal-ban dulu…baru selesai jam 10:55-an….habis itu mengeluarkan semua jurus ngebut motor saya..hehe 🙂 tp yang namanya buru-buru & ngebut ngebut itu sebaiknya dihindari…tadi juga ampir nabrak becak (padahal jalurnya udah biasa saya lalui 2 tahun terakhir ini)……………nyampe tempat kursus jam 11:10-an…terlambat 10 menit.

pas mulai menyetir mobil, saya nanya dulu ke instrukturnya….apakah ada hal baru lain yg harus saya pelajari??? (seperti cara mengemudi di tanjakan yg sedang macet dsb)…& ternyata jawabnya tidak ada…..di 5 pertemuan awal semua tehniknya sudah diajarkan ke saya…..saya tinggal melancarkannya di 3 pertemuan terakhir ini.

Jam ke-6 ini sempet praktek di lampu merah yang agak nanjak tentang tehnik mengemudi di jalan yg macet & nanjak….
.namun belum berhasil, cara saya masih salah…….tadi masih dibantu oleh instruktur melalui 2 alat tambahan yang ada dimobil-mobil tempat kursus.

oia…kyaknya saya belum tulis disini klo mobil-mobil yang ditempat kursus biasanya dipasang alat tambahan, agar instruktur bisa membantu peserta kursus dalam kondisi-kondisi yang berbahaya, sepertinya ada kopling & gas tambahan dibawah tempat duduk instruktur, sedangkan untuk mengerem mobil biasanya instruktur memakai rem tangan.

start awal saya masih jelek (mesinnya masih sering mati)…makanya tadi saya request untuk fokus melancarkan start-awal dulu…..(padahal ini sudah jadwal latihan ke-6…hehehe) tapi start awal masih jelek juga…..& kelemahan saya sepertinya karena saya membuka kopling terlalu lambat & nginjek gasnya terlalu lambat juga

katanya Instrukturnya settingan kopling tiap mobil itu beda-beda….jadi memang tidak ada patokan yang seragam untuk semua mobil tentang berapa banyak pijakan kopling harus diangkat dsb….jadi…..saya lebih diarahkan untuk merasakan sifat-sifat kopling…..

sudah hari ke-6 tadi saya juga ditegur klo saya masih aja lupa mindahin ke gigi-2 klo mobilnya sudah mulai melambat…….tadi saya malah maksain gas pake gigi-3..

kemajuan yang dicapai :

  • ditikungan sudah agak tenang…
  • gigi sudah mulai hafal
  • sudah mulai merasakan komposisi menginjak gas & rem yang pas……..(ternyata mobil yg sebenarnya itu beda banget dengan mobil-mobil simulasi di timezone hehehe)
  • pokoknya udah 6x turun ke jalan yang sebenarnya lah……..jadi klopun nanti saya disuruh bawa mobil kantor saya sudah bisa agak tenang.

hari ini memang terasa lebih cepat dari biasanya karena saya memang datang terlambat…


CATATAN-LENGKAP ( Jam ke-1 s/d ke-8 )

Catatan Kursus Setir Mobil

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*