[Catatan] Kursus Setir Mobil jam ke 4/8

Latihan di Tanjakan

Menu baru latihan menyetir hari ini adalah Bagaimana caranya mengemudi di Jalan Menanjak & MACET!!!!
Jika tidak Macet jalan menanjak tentunya tidak masalah ……tinggal Gas aja (sama dengan jalanan datar biasa)

namun ketika macet & menanjak diperlukan tehknik mengemudi yg baik, agar mobil tidak lepas kendali & meluncur menabrakkan diri ke mobil yg sedang mengantri dibelakang kita.

ada 2 cara untuk menghadapi jalan menanjak & macet ini :
1. kopling & rem diinjak, masuk gigi 1…. lepas kopling perlahan sampai mobil terasa bergetar, lalu lepas rem………maka mobil pun akan jalan…..selanjutnya jika mobil didepan kita berhenti maka injak rem & kopling…..hal seperti ini terus diulang-ulang sampai tanjakan-nya habis. (nulis sih gampang…tapi tadi saya coba praktek gak bisa-bisa, mesin mobilnya mati terus…karena belum begitu peka dengan kapan bergetarnya mobil)
2. kopling & rem diinjak, masuk gigi 1………[lepas rem – kopling setengah – gas yang pas]…selanjutnya jika mobil didepan berhenti maka injak lagi rem & kopling, 3 tindakan itu harus dilakukan dengan cepat & pas (lepas rem – kopling setengah – gas yang pas), kalau tidak…… mobil akan mundur kebelakang dengan cepat ….(cara ke dua ini juga ternyata tidak lebih gampang dari cara pertama)…..

kata instrukturnya…..semua pengemudi mobil harus menguasai setidaknya salah satu dari 2 cara diatas.

btw…saya jadi inget kalau cara ke-2 adalah cara yang sering digunakan oleh angkot-angkot dijalan menanjak & macet, mereka sedikit mundur kebelakang dulu sebelum mobil mereka bisa maju (ketika saya memakai motor , saya pernah hampir ditubruk oleh belakang angkot karena mundurnya terlalu banyak)

pelajaran-pelajaran hari ke-1 s/d hari ke-3 pun belum lancar semua sebenarnya……ditambah libur kursus 3 hari kemaren & sayapun menghadapi kursus pagi ini dengan kondisi pikiran sekitar 45% …………cpd

& dihari ke-empat ini saya banyak berlatih mengemudi di jalan-jalan yg belum pernah saya lalui pake motor di kota tangerang ini….jadi konsentrasi terpecah antara mencoba membiasakan diri dengan tool-tool yg ada di mobil & harus memperhatikan rambu-rambu lalu lintas.

*pertanyaan : “apakah orang yang biasa menggunakana motor ber-kopling akan lebih mudah belajar menyetir????”

semoga besok skill mengemudi saya bisa lebih baik.


CATATAN-LENGKAP ( Jam ke-1 s/d ke-8 )

Catatan Kursus Setir Mobil

3 Replies to “[Catatan] Kursus Setir Mobil jam ke 4/8”

  1. mantap mbah.. Tengkiw buanget atas pencerahannya. Moga-moga lancar di tempat kursus helicopter :v

  2. 1. Mengunakan handrem (kalau macetnya lama, terutama di tanjakan)
    2. Mengunakan rem + kopling (kalau padat merayap di tanjakan)
    3. Mengunakan setengah kopling (kalau di macet nya ga terlalu lama)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*