[Catatan] Kursus Setir Mobil hari ke-2/8

kesimpulan hari ini :

perpindahan gigi harus benar-benar diluar kepala (terutama gigi 1, 2 & 3)

itulah yang coba disampaikan oleh instrukturnya dari kemaren, yang ribet itu sepertinya memang itu…dijalan-jalan kota / yang ramai keahlian perpindahan gigi 1,2 & 3 benar-benar harus diluar kepala…….sedangkan kalau dijalan TOL…..sepertinya kita kebanyakan hanya standby di Gigi 5 & GAS…..klo dijalan TOL lebih simple

selepas latihan setir mobil jam pertama kemaren saya memang tidak memprioritaskan waktu untuk mengingat-ingat pelajaran apa yg telah saya pelajari hari itu….sorenya saya banyakan notn TV, denger musik, tidur…malemnya maen Futsal (pagi sebelum kursus hari pertama sudah lari pagi + nyoba push-up lagi…bikin pegel bahu)…capek…lalu pagi sebelum kursus hari ke-2 bangun jam 3 pagi lalu tidur bangun-tidur bangun secara tidak teratur ….baru mlai mengingat2 tentang kursus setir sekitar jam 8 pagi ……

Sepertinya saya mengambil langkah tepat dengan mengambil kursus….setidaknya setir mobil saya ada yang mengawasi ketika hampir akan menabrak Truk yg sedang parkir, hampir menabrak pembatas jalan….setir saya ada yang mengembalikan ke trek semula……..meski memang tidak semua pengguna jalan memberikan toleransi kepada yg sedang belajar meski jelas-jelas ada tulisan “KURSUS SETIR MOBIL” di jendela mobil belakang……tadi ada Truk yang klakson dari belakang …menyuruh mobil yang saya pake belajar untuk minggir dari jalur……namun instruktur sy tetap menyuruh berada di jalur tengah…lalu Truk tersebut pindah ke jalur kanan …sambil memberikan tatapan dingin pas melewati mobil kami…..

& rasa takut untuk kembali belajar besok masih ada………..rasa takut ini menyuruh saya untuk mengorbankan uang kursus yg sudah saya bayarkan lalu besok hari ke-3 s/d ke-8 saya gak usah datang lagi ke tempat kursus karena takut terjadi sesuatu dijalan……

so….gimana caranya supaya perpindahan gigi 1 2 & 3 ada diluar kepala?

yang jelas :

  • setiap perpindahan gigi ….. harus menginjak kopling dulu
  • kalau mobilnya berhenti total maka ketika kita akan mulai jalan lagi…harus dimulai dengan gigi 1 (kata istrukturnya bisa aja pake gigi 2….tapi harus sama yg sudah expert…coz kemungkinan mesin mobil mati lebih besar & cepat merusak kopling) jadi lebih baik ketika mobil berhenti total kita siap-siap pake gigi-1
  • satu hal lagi…biar kita gak pegel nginjek kopling…ada namanya gigi netral (entah apa istilah resminya)…..jadi klo dilampu merah koplingnya bisa kita lepas….lalu ketika lampu sudah hijau mulai lagi dengan gigi-1
  • btw…gimana caranya berlatih menyetir di Blog? adakah orang yang sudah mengupload video Kursus setir Mobil di Youtube?
  • sepertinya saya harus melakukan simulasi di kursi-biasa…supaya 2 tangan & 2 kaki saya bisa berkoordinasi coz selama ini tangan kiri biasanya diam saja ketika saya mengendarai motor. (sedangkan dimobil tangan kiri itu dipake untuk mengoper gigi)….& saya jadi kepikiran untuk buat semacam peralatan sederhana supaya kita bisa berlatih koordinasi tubuh ketika dirumah.

CATATAN-LENGKAP ( Jam ke-1 s/d ke-8 )

Catatan Kursus Setir Mobil

2 Replies to “[Catatan] Kursus Setir Mobil hari ke-2/8”

  1. kalo sy tidak bisa stagnan kan gas hahahahha.. antara nginjak gas dan tidak kok sama2 tidak terasa ya.. sampe galau plg kursus kepikiran di rumah..

    • Mungkin kalau udah sering nyetir lama-lama jadi terasa 🙂

      Ada juga yg ngasih tips supaya gak pake sendal/sepatu saat kursus…jadi gas / rem nya kemungkinan besar setelah pake cara itu jadi Terasa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*