[Catatan] Kursus Setir Mobil hari pertama

Hari Senin Kemarin (21 feb 2011) saya daftar Kursus Setir Mobil…..ngambil yang Paket 8x pertemuan dengan Biaya Rp. 550.000,- (ada paket yang lain 6x pertemuan Rp. 450.000)

Sebenarnya saya bisa saja memanfaatkan mobil dinas & minta tolong Satpam dikantor untuk mengajari saya menyetir mobil sampai mahir (dan saya pernah mencoba sekitar 2x belajar sama Satpam, hasilnya saya sudah bisa mengelilingi kantor, namun belum berani turun ke jalan) beberapa hal yg saya ingat ketika diajari oleh satpam :

  • kopling pake feeling
  • jangan panik
  • yang penting berani, biarin nabrak-nabrak juga

& kebanyakan rekan-rekan satpam belajar secara otodidak……….jadi proses transfer ilmunya kurang terstruktur 🙂

Tanggapan saya :

  • kopling pake feeling ………….(gimana caranya pake FEELING….???)
  • jangan panik…..(wew gimana caranya tenang ketika mempelajari hal baru seperti mengendarai mobil?)
  • yang penting berani, biarin nabrak-nabrak juga….(mmmm, ini mobil dinas [mobil rakyat] ….kyaknya gak bener deh klo ampe rusak karena ada pegawai yang pengen bisa nyetir, lagipula kan ada yg namanya kursus menyetir mobil)

kembali ke KURSUS STIR MOBIL

Akhirnya …..tibalah saatnya hari pertama belajar (tadi)

Saya datang 15 menit sebelum jam kursus mulai….(jadwal saya jam 11.00 WIB)

Lalu….mobil tempat kursusnya tiba tepat waktu (ada peserta kursus lain yg baru selesai)

Pertama saya dikasih kunci…& ketika saya mencoba membuka pintu mobil tersebut koq gak bisa-bisa…wkwkwkwkw….lalu akhirnya instrukturnya nolongin bukain pintu.

Istrukturnya nanya dulu, sudah pernah belajar sebelumnya??…..saya bilang pernah (waktu diajarin satpam 1 tahun-an yg lalu)

Pertama latihan nyalain mobil……5x-an

Lalu ternyata langsung latihan dijalan cuy….(agak kaget) kirain hari pertama latihan di lapangan kosong dulu…(apa ini karena saya bilang klo saya pernah belajar sebelumnya)

Agak-agak tegang tadi….jadi semua ucapan instruktur belum berhasil masuk

Contoh :

klo ditikungan…..kurangi kecepatan…lalu pindah ke gigi dua…….(Beberapa kali ditikungan saya hanya mengerem & belokin mobil…tanpa mindahin ke gigi dua…)

beberapa hal yang terjadi tadi :

  • sekitar 2x mesin mobilnya mati……….
  • Salah ingat gigi…ketika saya disuruh ke gigi 4 saya malah mindahin ke R (gigi mundur)
  • Kata insrukturnya saya terlalu bayak nge-gas…harusnya sekarang mantapin dulu pengoperan gigi
  • Seringkali posisi stir saya salah & instukturnya yg benerin
  • Entah kenapa reflek saya mobilnya sering condong ke kiri
  • Sering kali instrukturnya bilang posisi mata harus fokus kedepan (sedangkan saya sering refleks liat nomor di stick gigi / mana pedal kopling , rem & gas)

Tegang & ada dorongan untuk berhenti saja sebenernya……..pengen cepat selesai karena ada satu bagian dalam diri saya yg tidak menyukai hal berbahaya seperti ini.

Namun akhirnya jam pertama selesai……..

Diakhiri dengan praktek gigi mundur ….

(NB : Saya tidak ingat semua arahan dari instrukturnya)

Abis itu langsung pulang pake motor saya yg sudah saya pake selama 3 tahun lebih (Honda revo , gigi manual 4 percepatan)…..anehnya 1 jam latihan mobil…..cukup mengacaukan refleks mengendarai motor saya (terutama pengoperan gigi) contohnya motor sudah pelan tapi saya tetep pake gigi 4 (lupa klo saya biasanya mindahin ke gigi 2 klo dah lambat) reflek untuk nurunin gigi jadi agak lupa…karena di mobil gak ada injak belakang..hehehe

Besok latihan hari ke 2


CATATAN-LENGKAP ( Jam ke-1 s/d ke-8 )

Catatan Kursus Setir Mobil

50 thoughts on “[Catatan] Kursus Setir Mobil hari pertama

  1. wah aku jg belum… bisa nih.

    mau belajar… kursus. mahal…maklum kerja serabutan.
    pdahl klo mau mudik dari pada naik kerta..mahl mending rental. eh gak bisa nyetir.
    sulit gk sih jadi sopir…

  2. Kang Riva,
    Pengalamannya seru bangetttt..!!
    Saya ma istri baca ini blog pada ketawa-tawa…
    Menarik karena memang begitulah pengalaman nyetir pertama mobil, saya pun dulu tahun 2007 an begitu juga..

    Hahahaha,
    Keep sharing….

  3. WAHHH MAKSIH BERBAGI PENGALAMAN…
    SERU BANGET… APALAGI SAYA YAH ENTAR MAU KURSUS BLOM PERNAH SAMA SEKALI MEGANG MOBIL.
    JADI PUNYA BAYANGAN NIH MO KURSUS STIR MOBIL…

  4. sob mau tnya nh? saya pngen kursus nyetir mobil, yg dekt blok m, jaksel, di daereh mna yc sob.. yg pasti biaya jg trjngakau alias murah, hehhhheehhehe mksh

    • Kalau di Jaksel saya kurang tau Gan,

      Biasanya mobil-mobil Kursus Setir Mobil ada Stiker Nomor Telpon tempat Kursus di Kaca belakang mobil…..& mereka biasanya gak jalan jauh dari Tempat Kursus.

      Jadi kalau ada Mobil Kursus Setir Mobil Lewat dicatat aja Nomor telpon nya 🙂 & ditanyakan langsung via telpon alamat tempat kursusnya dimana.

  5. whahahahaaaa,,,,,,,,,,,,, mau tanya dong,kalau sekarang paket yang 8x pertemuan rata2
    berapa ya harganya???

  6. Kang mau tanya ini kursus setirnya dimana yah?
    Mau kursus tapi bingung cari yang bagus dan recomended

    • Di Tangerang (TANIA-JAYA)

      Saya cuma kursus di tempat ini saja, jadi tidak bisa membandingkan tempat kursus mana yg lebih baik

    • Habis Kursus tidak dipraktekkan lagi gan…..jadi ga tau skill nya masih nempel ato udah luntur 😀

    • Klo masalah pasti bisa sih kyaknya belum pasti 🙂 … tapi dengan ikut kursus setidaknya kita bisa praktek dijalan raya dengan diawasi instruktur yg pengalaman…

  7. wkwkwkwk, jadi tambah m inder ini mau belajar setir mobil. Nyari kursus stir mobil dapet blog ini, lumayan buat guyonan pagi

    • pengalaman yang takkan dilupakan seumur-umur yaa hahaha…

      sudah latian nyetir mobil, sekarang latian potong rambut maass,, buat nyukurin pak satpamnya hihiii…
      kursus potong rambut disini;
      http;//www.handercut.com

  8. Pengen belajar juga nih kak, klw latihannya sdh lancar, trus ngga nyetir2 lagi, msh bisa lancar ngga ya kak?

    • Klo lancar banget sih enggak…tapi setidaknya klo dulu pernah latihan ketika mulai nyetir lagi gak sekaku seperti yg baru belajar pertama kali 🙂

  9. Menarik mas Riva pengalamannya. pasti sekarang sudah lincah ya permainan gas, rem dan kopling plus persneling. Kalau ada temannya mas Riva dan pembaca blognya pengen kursus nyetir juga di wilayah tangsel bisa mampir ke “tulus jaya”

  10. kwkwkwkwkw lucu..
    sama persis kayak pengalaman gw.
    gw jg lagi kursus, rencananya saya juga akan membuat tulisan pengalaman seperti ini di blog saya Pojokshare.com

    slm knl mas….

  11. Haaaiii nyetir mobil untuk pertama kalinya memang bikin jantung deg-deg-an.. Hehehe semuanya butuh kemauan dan tekat yang kuat biar bisa belajar dengan cepat.. Feeling juga diperlukan untuk penguasaan teknik.. Hehehe

    Untuk info lebih lanjutnya nih yanha da disekitar fatmawati, pondok labu, lebak bulus, cilandak dan cipetee.. Bisa langsung hubungin bapak wiwiek.. Dia berpengalaman banget buat ngajar.. Orangnya sabar banget, dan baik.. Tempat kursusnya ada di rumah-nya sendiri.. Tepatnya di belakang cilandak townsquare.. Rumahnya juga ngga susah buat dicari.. Recomended bgt! Sekarang aku udah bisa nyetir keluar kota.. Hehehe.. Nomer telf pak wiwiek itu 08980868802 .. Dijamin ngga nyesel! Hehehe

    • Oh iya, kalo ngga salah ada juga nomer tlf rumahnya.. 0217657322
      Coba deh buat yang mau belajar nyetir mobil.. Dijamin puas.. Hehehe waktu itu aku pernah minta latihan ke puncak, untung pak wiwiek-nya mau.. Walaupun aku akhirnya cuma sampai sentul aja, soalnya waktu itu aku takuuut.. Tapi sekarang aku udah berani kepuncak :-p

  12. Pagi ini diajarin nyetir sm suami,udh yg ke 3,pertama kedua di lapangan perumahan,yg ke 3 ini turin ke jln. Anakku ikutan di blkg,katanya lebih dr 15 orang jengkel liat aku nyetir,bikin macet..haha
    Apa krn udh ibu2 ya,jd kurang fokus…ada aqua??? Haha

    • Ngga apa-apa koq Mba Dina Sastro 😀

      Kalau baru 2x belajar & 1x turun kejalan wajar aja klo masih grogi…yg penting terus konsisten belajar.

  13. kalau milih matic bisa ga ya mas 🙂 soalnya istri pengen belajar nyetir & dirumah adanya matic
    Kalau saya yg ngajarin takut ga bener soalnya ga sabaran kalau ngajarin orang & belajarnya otodidak

  14. Iyaa betuuul.. Dia itu ada 3 paket..?
    Manual, Matic, Manual dan Matic..

    Kalo waktu itu itu saya ambil yang kombinasi.. Hehehe

  15. Aku heran para Pengemudi Motor atau Mobil kebanyakan kalau pas di traffic Light Merah masih ada yang nyelonong apa BUTA WARNA MERAH ????
    Meski kursus nya mahir tapi masih BUTA WARNA MERAH dan RAMBU-RAMBU lainnya sama juga boongnya

  16. Halo,yang masih bingung cari tempat belajar mengemudi?yuk gabung aja di Sekolah Mengemudi Satria Jayanti,kami baru membuka cabang baru di Pekayon Jl. Raya Pekayon no 5 samping pintu masuk Kemang Pratama Bekasi,untuk info pendaftaran bisa hub ke 081310068885 atau kunjungi web kami di http://www.satriajayanti.co.id atau follow akun twitter kami di @satriajayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*