BANJIR

waktu kecil saya sama sekali tidak mempunyai pengalaman banjir….

sekitar tahun 2007 pernah kamar kost-an saya kemasukkan air sekitar 1cm…(bukan karena tinggal diwilayah banjir…tapi karena hujannya terlalu deras & beberapa atap bocor….sehingga beberapa kamar yg posisi-nya rendah kemasukkan air)….hanya 1 cm & sudah bikin lumayan repot

2009 saya pindah ke suatu perumahan yang waktu saya pindah katanya hanya banjir ketika banjir Nasional saja…..namun ternyata….sejak 2009 sampai malam ini sudah sekitar 5x rumah nya kemasukan air…..

waktu saya masih Kost..kemasukkan air hujan yang masih murni air hujan…jadi hanya bikin basah

namun banjir di perumahan ini adalah banjir air yang kotor…air hujan campur air selokan……dengan ketinggian sekitar 30 cm…….

—ternyata banjir itu menyebalkan—–

habis banjir meninggalkan sisa-sisa kotoran……bau….

tetangga-tetangga disekitar rumah mengatasi banjir ini dengan meninggikan lantai rumah mereka, & sebenarnya masih ada masalah satu lagi kalaupun lantai rumah ditinggikan…ketika wilayah perumahan terendam..toilet2 menjadi tidak jalan…..karena tanahnya memang sudah penuh dengan air…..tidak bisa mencuci tidak bisa mandi, tidak bisa pup,pip…….& sebenarnya meninggikan lantai rumah itu berarti memberikan volume air yg lebih banyak kepada tetangga yang belum meninggikan lantai rumah mereka.

& yang saya dengar masih ada perumahan yang jauh lebih parah dari tempat saya, kalau disaya 30 cm….di perumahan mereka sudah 1 pinggang……..

banjir….bagaimana cara mengatasinya?

bisakah seorang individu seperti saya mengatasi masalah banjir seperti ini? ataukah harus pemerintah?

atau apakah jika saya sudah punya uang saya tinggal mencari perumahan baru yg bebas banjir….tanpa harus memikirkan rekan-rekan sependeritaan saya sekarang yang masih tinggal di wilayah banjir & tidak mungkin pindah ke rumah baru karena cicilan rumah mereka masih puluhan tahun lagi?

banjir!!!!!!!!

Siapa yg harus mengatasinya?… jika saya sudah punya uang apakah saya mau mengatasi banjir ini?

– mengeruk sungai2, selokan2 supaya dapat mengalirkan air dengan baik

– menanam pohon

– rajin mensosialisasikan supaya masyarakat sedikit menyampah & mengadakan pengelolaan sampah yang baik (bank sampah)

– membeli perumahan2 yang sudah tidak laku karena banjir (setidaknya kembalikan modal mereka untuk membeli rumah & renovasi) …jika memang datarannya terlalu rendah & pengerukan sungai tidak bisa mengatasinya…

kira-kira seperti itulah hal2 yang bisa dilakukan dengan Uang…..

namun adakah hal yang bisa saya lakukan, untuk mengatasi banjir di perumahan saya / diseluruh wilayah Indonesia……meskipun saya sekarang masih menjadi Karyawan yang kalau tidak datang ke kantor tidak gajian????

mmmm…. :

1. mencari solusi melalui googling & berpikir tentang tata cara mengatasi banjir…lalu menulis surat kepada Kementerian yang berwenang agar Anggaran di Kementrian mereka dialokasikan untuk mengeruk sungai dsb?

2. merancang Rumah yang bisa mengambang?

3. Mengumpulkan Warga masyarakat yg terkena banjir lalu berembuk sama-sama? mencari solusi

4. sepertinya yang utama saya harus mendesign rumah saya supaya buku2 & barang2 lain saya tidak habis dibasahi banjir…..karena banjir itu bisa saja datangnya siang hari ketika saya sedang bekerja….tau-tau pas saya pulang barang-barang yang dibawah sudah basah semua…..

5. mengunci memori ini kuat-kuat…supaya kalau saya sudah menjadi ‘somebody’ suatu saat nanti….saya masih ada keinginan untuk menolong orang2 yang tempat tinggalnya terendam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*