kenapa pelajar bunuh diri karena UN?

Barusan denger berita bahwa ada seorang siswi yang bunuh diri karena tidak lulus UN, karena hanya dia satu-satunya siswi yang tidak Lulus disekolahnya.

Ya…sekarang saya bisa menjawab pertanyaan saya dulu (“apa gunanya sekolah???!!! [kimia, fisika, biologi]”)….saya jawab sekarang : “itu memang tidak berguna!!!!” malah saya pikir sekolah (yg sy alami dulu & sekarang) itu adalah suatu wadah yang membuat generasi muda Indonesia membenci ILMU.

namun waktu sy SMA dulu…….tidak ada yg mau memberitahukan saya hal itu, saya harus mencarinya sendiri ..membaca buku-buku tentang cara kerja pikiran dsb…baru saya tau apa yg terjadi.

dulu waktu SMA pikiran saya benar-benar tertutup. Kewajiban saya hanya belajar…mendengarkan guru di kelas, dibekali oleh2 PR yg tidak menyenangkan, suasana kelas yang membosankan…sambil bertanya-tanya…apa gunanya ini???????

sudah ada senioritas Kakak Kelas….sy masih hidup di zaman dimana ada kakak kelas yg mengabsen adik-adik kelas yg menurut penilaian mereka ‘sombong’…untuk dipukuli/dikeroyok dibelakang sekolah.

Apakah saya akan melakukan hal yg sama jika hanya saya yg tidak lulus disekolah saya dulu????………bayangkan rasa malu-nya….mencoreng nama sekolah…..semua teman teman lulus, teman baik (termasuk ‘teman”yg sy sukai)….apa yang harus saya katakan pada orang tua saya???!!! saya mau kabur pun…..dimana saya makan?? jika orangtua saya mengerti…. saya akan merasa sangat bersalah….jika saya sudah dapat memprediksi  orang tua sy akan memarahi saya , membentak…..lalu apa gunanya lagi saya hidup jika sudah demikan!!!!!……………….hanya tinggal rasa takut mati saja yg menghalangi.

bayangkan rasa malunya itu……bukankah sebagian dari kita lebih memilih untuk merasakan sakit secara Fisik daripada mendapatkan rasa malu seperti itu??!!!!!

saya hanya ingin Sekolah itu menjadi tempat yg menyenangkan untuk mencari Ilmu…………

bukan membosankan atau menakutkan seperti ini…….

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*